What a tale my thoughts could tell

This is Playground in My Mind. If you could read my thought, love, these are some of my words unspoken nor wandering. Just like an old time movie, to reminisce and not to drift away from life

Wednesday, June 9, 2010

Tetap Bugar Saat Lembur

ika profesi Anda menuntut untuk bekerja di luar jam kerja nine to five alias malam hari, mau tak mau Anda bekerja di waktu lembur. Misalnya sebagai karyawan hotel, tenaga medis atau wartawan berita, Anda memang harus siap 24 jam. Akibatnya, Anda menggunakan waktu tidur untuk bekerja.

Tapi, tahukah Anda, ketika waktu tidur dihabiskan untuk bekerja, bisa membuat kondisi tubuh tidak stabil? Menurut dr. Hrayr Attarian, Kepala tenaga medis di Fletcher Allen Health Care, Vermont, AS, tak jauh berbeda dari mesin, secara biologis tubuh perlu waktu istirahat. Ibarat mesin yang terus-menerus digunakan tanpa henti, otomatis lama kelamaan onderdil mesin, atau dalam hal ini organ-organ tubuh akan soak.

Jika sudah begitu, penyakit atau gangguan kesehatan rentan menyerang ‘pekerja malam’. Keluhan kesehatannya antara lain, masuk angin, flu, infeksi gangguan sistem pernapasan, liver atau hepatitis A, gangguan pencernaan, dan gangguan kesehatan jantung.

Nah, agar penyakit langganan itu tidak mampir di tubuh Anda, ada kiatnya, antara lain:

- Kurangi kopi. Memang, minuman satu ini bisa jadi obat penghalau kantuk paling ampuh. Tapi, kafein dalam kopi justru bisa meningkatkan risiko gastritis alias gangguan lambung. Gantilah kopi dengan air putih atau teh.

- Makan cukup sebelum dan pada saat lembur. Kalau sedang diet, sebaiknya hentikan saja dulu. Sebab, kerja ekstra memerlukan tenaga tambahan, yang bisa didapat dari nutrisi makanan. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran, agar asupan serat tercukupi.

- Konsumsi suplemen vitamin C, atau multivitamin. Tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan, dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

- Waktu istirahat yang cukup. Ketika jam biologis tubuh harus terpaksa dibalik, orang yang begadang otomatis harus mengganti jam istirahatnya di waktu lain. Sempatkan tidur sebentar sebelum tugas malam. Dengan demikian, stamina akan tetap terjaga meski harus terjaga semalam suntuk.

- Olahraga teratur untuk menjaga kebugaran. Tidak harus jenis olahraga tertentu, yang penting bergerak secara aktif, seperti jalan kaki dan naik tangga.

DIKUTIP dari Vivanews.com

No comments:

Post a Comment